Kamis, 30 Agustus 2012

DOKTRIN KRISTOLOGI

Pengertian Dasar Tentang Kristologi

            Istilah Kristologi berasal dari kata “Christos” (Kristus) dan “Logos”(ajaran, ilmu, uraian), sehingga menjadi ilmu tentang Kristus. Adalah tepat jika menyebut Kristologi sebagai teologi tentang Kristus oleh karena Kristologi merupakan subranting dari ilmu yang lebih luas, yaitu teologi.
            Nama Yesus merupakan sebuah nama diri dalam bahasa Yunani, yang berasal dari kata Ibrani: Jehoshua atau Joshua (Yos 1:1). Nama ini berasal dari akar kata Yasha (hoshia) yang artinya menyelamatkan. Sedangkan nama Kristus (Yunani=Kristos=The Anointed=Yang Diurapi) merupakan nama jabatan seperti juga halnya dengan nama Mesias (dari kata mashach, artinya mengurapi).

Sumber-Sumber Biblica Bagi Kristologi

Dalam Perjanjian Lama

1.   Di dalam PL ada indikasi mengenai keberadaan Kristus melalui nama-nama-Nya dimana Ia disebut sebagai:
Ø  Elohim (Yes 9:5).Sebelumnya Yes 7:14 dikutip dalam PB dengan menggunakan kata Immanuel (Mat 1:23). Kata Elohim ini juga digunakan dalam Kej 1:1. Kata Elohim disejajarkan dengan kata Theos (Rm 15:6, Ef 1:3, Luk 3:6).
Ø  Yahwe (Zakh 12:10). Kata Yahwe sejajar dengan kata Kurios. Jadi Allah Bapa dan Anak adalah setara dan sama-sama disebut sebagai istilah Kurios.
Ø  Adonai (Mzm 110:1). Mazmur ini selalu dikutip dalam PB untuk konteks keilahian Kristus, baik dalam injil, surat Paulus dan yang lebih penting adalah dalam surat Ibrani. Kutipan-kutipan tersebut adalah untuk mengkaitkan PL dan PB, sehingga dapat menunjukkan finalitas Yesus Kristus di atas semua malaikat, nabi dan imam. Ayat tersebut berkali-kali dipergunakan untuk membuktikan posisi/kedudukan/derajat dari Pribadi kedua dari Tritunggal dan ayat tersebut menjadi sangat janggal bila menunjukkan pada malaikat (Ibr 1:13).
2.      Penampakan-Nya
Dalam PL beberapa kali dicatat Pribadi Oknum Kedua Allah yang menyatakan diri kepada manusia dalam bentuk Antropomorfe (Yunani:Anthopos=manusia, morphe=bentuk). Maksudnya adalah dalam bentuk manusia. Misalnya: Di taman Eden, Adam dan Hawa bercakap-cakap dengan Tuhan Allah sampai manusia berdosa dan diusir dari sana (Kej 2:15-3:21), Tuhan menampakkan diri dan mengunjungi Abraham beberapa kali; di dekat Sikhem, yakni di pohon Terbatin di More (Kej 12:6-7) dan di kemahnya di Mamre (Kej 18), Tuhan menampakkan diri kepada Ishak di Gerar dan mengulangi janji-Nya dulu kepada Abraham (Kej 26:1-6), Yakub bergumul melawan Allah di sungai Yabok (Kej 32:22-32), Musa bertemu dan bercakap-cakap dengan Allah di gunung Horeb (Kel 3:1-4:17), Yosua bertemu Tuhan di dekat Yerikho (Yos 5:13-15), Tuhan menampakkan diri kepada Manoah dan istrinya (Hak 13:1-18).
Sebutan Malaikat TUHAN (Kej 16:7-13;22:15-18, Hak 2:1-5;6:11-23;13:3-22, Zakh 1:12), menunjukkan adanya pribadi lain yang setara dengan Yahwe, bukan pribadi yang setara dengan malaikat biasa. Seperti yang ditegaskan H.Bavinck,
“…though distinct from Jehovah this Angel of Jehovah bears the same name,has the same power,effects the same deliverance,dispenses yhe same blessings,and is the object of the same adoration / meskipun lain dari Yehovah, Malaikat Tuhan disebut dengan nama yang sama, memiliki kekuasaan yang sama, berperan dan mengucapkan Firman yang sama kuasanya, dan bahkan menerima kehormatan yang sama.”
Begitu juga Gerhardus Vos dalam bukunya, menyimpulkan tentang Malakh Yahweh dengan kata-kata yang tepat bahwa,
The Angel is truly divine,for otherwise He could not have discharged the sacramental function of assuring man that God was with him.../ Malaikat itu betul-betul adalah Allah, karena kalau tidak demikian tak mungkin Dia dapat memberikan jaminan penyertaan dan kehadiran Allah dalam Sakramen.
Dalam teologi Injili istilah “Malaikat TUHAN” langsung diatribusikan sebagai kegiatan atau penampakan Kristus dalam PL yang biasanya disebut sebagai praeksistensi Kristus, dalam arti tidak/belum berwujud sebagai manusia. Jadi Mesias sudah muncul sebelum menjadi daging (manusia/inkarnasi).
Dalam Perjanjian Baru
       Konsep yang paling penting dalam PB adalah penegasan bahwa Pribadi Kedua dari Tritunggal itu adalah Allah sendiri (Yoh 1:1,14; 8:58). Yoh 8:58 merupakan ekuivalen dengan Kel 3:14.
       Penulis PB secara langsung memperlihatkan keilahian Kristus,walaupun dalam PB tidak ada pernyataan Yesus bahwa Ia adalah Anak Allah (Yoh 20:28, Rm 9:5, 1Yoh 5:20). Orang-orang Yahudi tidak senang Yesus mengaku sebagai Anak Allah dan karena itu mereka membenci Dia (Yoh 10:29-31,33,39).
       PB menegaskan Kristus sebagai pribadi yang berada di atas semua ciptaan, Kol 1:15-17 menyatakan Yesus adalah “Yang Sulung”(prototokos).Yang mempunyai arti Ia berada dalam posisi/kedudukan yang utama dibandingkan dengan segala yang telah diciptakan-Nya.Dengan perkataan lain,Ia berada di atas semua ciptaan dan Ia adalah pencipta yang utama dari segala yang diciptakan-Nya. Why 3:14 menyatakan bahwa Yesus adalah permulaan dari ciptaan Allah,maksudnya bukan ciptaan yang mula-mula tetapi harus dimengerti sebagai mula-mula ada sebelum ciptaan berada..
       Penulis PB percaya bahwa Kristus selain setara dengan Allah juga telah berada secara praeksistensi (Yoh 1:1, dimana Logos tidak terikat oleh waktu,Ia berada di dalam kekekalan yang tidak memiliki titik permulaan. Yoh 8:58, memperlihatkan Kristus selalu ada dan tidak pernah tidak ada dan juga Ia memiliki hubungan dengan Yahwe.
Natur Kristus Sebagai Allah dan Manusia
1.      Evidensi Natur Manusia Kristus
Beberapa bagian Alkitab yang menyatakan bahwa Yesus adalah benar-benar manusia seutuhnya,yaitu:
Ø  Yesus mempunyai nama seperti manusia lain pada umumnya,yaitu Yesus,Anak Daud.(Mat 1:1-17, silsilah keturunan-Nya).
Ø  Orang-orang disekeliling-Nya sungguh melihat dan menyatakan Dia sebagai manusia biasa,seperti yang lain (Yoh 9:16;19:5, Kis 3:22).
Ø  Ia memiliki tubuh (1Yoh 1:1).
Ø  Ia berbicara dalam bahasa manusia,seperti yang lainnya.
Ø  Yesus sendiri menyatakan diri-Nya sebagai manusia (Yoh 8:40).
Ø  Ia menjalani kehidupan seperti manusia biasa lainnya (Luk 2:52), Ia menjalani keterbatasan sebagai manusia,separti rasa lapar (Mat 4:2),haus (Yoh 19:28),lelah (Yoh 4:6),sedih dan tertekan (Yoh 11:35, Luk 13:34-35), dan ketidaktahuan (Mrk 13:32).
Ø  Ia mengalami kematian (Ibr 2:14-15).
2.      Evidensi Natur Ilahi Kristus
       Kesaksian
Karena Kristus benar-benar tokoh yang pernah hadir dalam sejarah dunia ini,maka sangat wajar bila ada pendapat atau kesaksian mengenai Dia.Dan berbagai kesaksian itu menunjukkan bahwa Kristus lebih dari sekedar seorang manusia biasa.
Ø  Pengakuan para murid (Mat 16:16, Luk 2:34, Yoh 1:1;1:49;20:28;20:31), Paulus (Flp 2:6, Tit 2:13), Yohanes (Why 1:8;5;19:16), Elizabeth (Luk 1:43), Penjahat (Luk 23:42), Kepala Pasukan (Mat 27:54).
Ø  Pengakuan Malaikat (Mat 1:23;9:5-6, Luk 1:32-33,35b;2:11).
Ø  Pengakuan Yesus sendiri (Mat 9:2-3;28:20, Mrk 14:62, Luk 23:43, Yoh 6:3;8:56-59;10:17-18,30;14:6;16:28).
Ø  Pengakuan Allah Bapa (Mzm 2:7, Mat 3:17;17:5, Yoh 12:28).
Ø  Pengakuan dari Iblis dan roh jahat (Mat 4:3, Mrk 1:24;5:7, Luk 8:28, Kis 16:17).
Sebutan-Nya
Ø  Anak Manusia,dipergunakan ketika Yesus mengutarakan statement yang berkaitan dengan kedatangan-Nya yang bersifat eskatologis (Mat 16:27-28, Mrk 8:38;13:26).
Ø  Anak Allah,merupakan sebutan bagi Kristus yang diucapkan dengan spontan oleh orang Kristen mula-mula dan para penulis Alkitab (Mrk 1:1, Kis 8:37).
Ø  Kurios,istilah ini kebanyakan dikaitkan dalam pengertian kekuasaan (power) yang dimiliki-Nya,baik sejak kedatangan-Nya maupun sesudah kebangkitan-Nya (Luk 2:11, Kis 2:36, Flp 2:11, II Kor 12:3).
Kuasa-Nya
      Pelayanan Kristus selama inkarnasi-Nya di dunia sering disertai mujizat yang supranatural.Hal ini membuktikan bahwa Kristus adalah Allah,kuasa yang sedemikian itu bukan berasal dari manusia biasa.
Ø  Penyakit dikalahkan (Mrk 1:34).
Ø  Setan dikalahkan (Mrk 1:34).
Ø  Alam tunduk (Mat 8:23-27).
Ø  Kuasa dosa dan kematian dihilangkan (Mat 9:2,18, Luk 7:11-17, Yoh 11:25-26).
Ø  Memberi hidup yang kekal (Yoh 10:27-28).
Ø  Menerima penyembahan dari manusia (Mat 14:33) dan malaikat,sebagaimana layaknya Allah sendiri (Ibr 1:6) dan suatu hari kelak semua manusia akan sujud menyembah-Nya (Flp 2:10, Yes 45:23).
Ø  Ia mengerjakan pekerjaan Allah, termasuk mencipta (Yoh 1:3, Kol 1:15-20),menopang (Ibr 1:3-4),menyelamatkan (Mat 1:21),membangkitkan orang mati (Yoh 5:35),menghakimi (Yoh 5:27),mengutus Roh Kudus (pekerjaan yang juga merujuk pada Allah Bapa – Yoh 14:26;15:26), dan membangun Gereja-Nya (Mat 16:18).
Ajaran-ajaran yang Salah Mengenai Dua Natur Kristus
            Kesulitan memahami ayat-ayat tertentu dalam Alkitab seharusnya membawa kita untuk tetap tunduk pada otoritas Alkitab.Kita tidak dapat mencopot ayat-ayat tertentu keluar dari konteksnya dan menjadikannya sebagai doktrin.Setiap ayat ditafsirkan di bawah terang ayat-ayat lainnya dan ajaran Alkitab secara keseluruhan.Akan tetapi,selalu saja ada orang yang memaksakan pemahamannya yang keliru mengenai dua natur Kristus menjadi sebuah doktrin yang harus dianut oleh anggota-anggotanya.
Ø  Monarchianisme, yang terbagi dua yaitu Monarchianisme yang dinamik (Adoptianisme) yang mengajarkan bahwa Yesus hanyalah manusia biasa yang mendapatkan dinamis atau kekuatan Allah, dan Monarchianisme yang modalistik (Patripasianisme) yang mengajarkan bahwa ke Tritunggalan Allah hanyalah tiga macam bentuk atau cara Allah menyingkapkan diri-Nya.Di atas kayu salib,Bapa juga menderita dan mati karena Allah itu satu adanya.Ajaran Patripasianisme ini juga dapat disebut Modalisme yang dikembangkan oleh Sabellius (Sabellianisme abad 3) sebagai ajaran yang menekankan keEsaan Allah.Baginya,Allah disebut Bapa pada saat Ia mencipta alam semesta dan memeliharanya.Disebut Anak pada saat Ia datang inkarnasi dan melaksanakan karya keselamatan dengan mati menebus dosa manusia.Begitu juga,Allah disebut Roh Kudus ketika Ia datang berperan sebagai penghibur,penuntun, dan yang menyucikan manusia dari kehidupan dalam dosa.
Ø  Nestorianisme (Nestorius adalah uskup Konstantinopel abad 4).Aktif mengabarkan Injil (ke Arab,India,Turki dan Cina) yang mengajarkan tentang pemisahan mutlak kedua natur Kristus hanya bertemu dalam “kesatuan will / kehendak” dan bukan kesatuan dalam hypostasis (identik dengan “esensi (ousia)”.Merujuk pada “pribadi Allah” yang dipakai gereja Timur.Berbeda dengan gereja Barat yang memakai istilah Yunani “proposon” (Ibrani “panim,” Latin “persona”).Sehingga manusia bukanlah Allah yang patut disembah.
Ø  Subordinasionisme yang diajarkan oleh bapak-bapak gereja seperti misalnya,Origen (185-254 AD) bahwa Allah Bapa memiliki natur yang lebih tinggi daripada Allah Anak dan Allah Roh Kudus, dan Allah Anak lebih tinggi daripada Allah Roh Kudus.Ajaran ini kemudian dikembangkan oleh Arius (abad 3), imam di Alexandria menjadi ajaran bidat Arianisme yang menekankan bahwa hanya Bapa saja yang adalah Allah kekal.Yesus Kristus sebagai inkarnasi Logos adalah ciptaan.Ada masa dimana allah Anak belum ada(bandingkan dengan bidat saksi Yehova yang mengakui bahwa Yesus adalah ciptaan yang sulung dan tertinggi).Ajaran ini terus berkembang misalnya, Nominalisme yang dikembangkan oleh Scotus Erigena(810-877) dan Peter Abelard (1079-1142).Nominalisme cenderung Pantheistic ini menekankan bahwa Yesus Kristus dab Roh Kudus bukanlah Allah sebagaimana Allah Bapa,melainkan keduanya adalah dua kuasa yang keluar dari (emanasi) diri Allah.Allah Anak adalah wisdom atau hikmat Allah dan Allah Roh Kudus adalah kasih Allah.
Ø  Doketisme: Ajaran ini menegaskan bahwa Yesus hanya kelihatannya saja seperti manusia.Sebenarnya Ia tetap adalah Allah.Ia hanya memakai jubah manusia, dan tidak memiliki natur manusia sedikitpun.
Ø  Gnostikisme:Ajaran ini menyatakan bahwa Allah adalah mahasuci sehingga Ia tidak mungkin menciptakan dunia yang jahat dan bergaul dengan manusia yang jahat.Keilahian itu memiliki jenjang/tingkatan,demikian pula makhluk lainnya.Sehingga bagi kaum Gnostik,Yesus adalah sosok yang berada di atas manusia,namun berada di bawah Allah.Gnostik menentang kemanusiaan dan keilahian Kristus, Yesus itu bukan Allah.Ia hanya berada pada salah satu tingkatan dalam keilahian,Ia bahkan berada di bawah tingkat malaikat.
Inilah beberapa ajaran sesat yang ada,yang menyalahi prinsip natur kemanusiaan,keilahian Kristus dan prinsip kesatuan dua natur.
Inkarnasi Kristus
            Adalah kedatangan dan kelahiran Kristus melaui daging manusia.Yoh 1:14 menyebutkan Kristus benar-benar menjadi daging (sarx) yakni menjadi manusia (Bnd 1 Yoh 4:2, dimana Ia dikatakan telah datang sebagai manusia).Karena itulah kedatangan Kristus yang riil sebagai kedatangan dengan air dan darah untuk lebih menegaskan fakta kehadiran-Nya (1Yoh 5:6).Peristiwa dimana Sang Anak Allah diam di antara kita bukanlah peristiwa kedatangan yang dilakukan dengan cara sekali-kali muncul dan kelihatannya saja seperti manusia. Namun yang ditekankan disini adalah walaupun kedatangan-Nya hanya satu kali untuk selamanya,tetapi kedatangan-Nya adalah nyata sebagai manusia, berlangsung dalam ruang dan waktu serta melaui rentang masa yang dapat dideteksi.
            Karena Kristus hidup di antara manusia di bumi serta di dalam sejarah umat manusia, maka eksistensi-Nya bukanlah legenda, dongeng atau sejenis cerita pewayangan.Kristus adalah Anak Tunggal Allah sejak kekal (Yoh 1:18;17:5), sebab itu di dalam inkarnasi pun kelahiran-Nya tidak berubah atau berkurang (Flp 2:60.
            Ketika Ia berinkarnasi maka Ia datang sebagai Anak Allah yang menjadi manusia, karena itu status dan derajat sonship Kristus berbeda dengan orang percaya yang menjadi anak-anak Allah yang diangkat menjadi anak dalam anugerah-Nya (Rm 8:14,16-17, Yoh 1:12). Sekalipun Kristus berinkarnasi menjadi manusia, Ia tidak terikat oleh dosa asali yang ada pada seluruh umat manusia sejak lahir secara universal (II Kor 5:21, Yoh 8:46a). Hal ini bukan dikarenakan Maria itu suci dan juga bukan dikarenakan Maria tidak pernah bersetubuh dengan Yusuf.


4 komentar:

  1. PUJI TUHAN, JIKA ADA DAFTAR KEPUSTAKAAN LEBIH BAIK. GBU

    BalasHapus
  2. Shalom bapak, ibu saudara/i di manapun berada. Apakah Sudah ada yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael? Ini adalah kalimat pengakuan iman orang Yahudi yang biasa diucapkan pada setiap ibadah mereka baik itu di rumah ibadat atau sinagoga maupun di rumah. Yesus juga menggunakan Shema untuk menjawab pertanyaan dari seorang ahli Taurat mengenai hukum yang utama. Kita dapat baca di Ulangan 6 ayat 4 dan pernah juga dikutip oleh Yesus di dalam Injil Markus 12 : 29. Dengan mengucapkan Shema, orang Yahudi mengakui bahwa YHWH ( Adonai ) Elohim itu esa dan berdaulat dalam kehidupan mereka. Berikut teks Shema Yisrael tersebut dalam huruf Ibrani ( dibaca dari kanan ke kiri seperti huruf Arab ) beserta cara mengucapkannya ( tanpa bermaksud untuk mengabaikan atau menyangkal adanya Bapa, Roh Kudus dan Firman Elohim yaitu Yeshua haMashiakh/ ישוע המשיח, yang lebih dikenal oleh umat Kristiani di Indonesia sebagai Yesus Kristus ) berikut ini

    Teks Ibrani Ulangan 6 ayat 4 : ” שְׁמַ֖ע ( Shema ) יִשְׂרָאֵ֑ל ( Yisrael ) יְהוָ֥ה ( YHWH [ Adonai ] ) אֱלֹהֵ֖ינוּ ( Eloheinu ) יְהוָ֥ה ( YHWH [ Adonai ] ) אֶחָֽד ( ekhad )


    Lalu berdasarkan halakha/ tradisi, diucapkan juga berkat: ” ברוך שם כבוד מלכותו, לעולם ועד ” ( " barukh Shem kevod malkuto, le’olam va’ed " ) yang artinya diberkatilah nama yang mulia kerajaanNya untuk selama-lamanya " ). Apakah ada yang mempunyai pendapat lain?.
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🕍🤴🏻👑🇮🇱🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪

    BalasHapus
  3. Mengapa tetragraaton YHWH tidak ditulis ;YAHWE- YAHUWA- YEHOVAH- HUWA atau semacamnya tetapi ditulis ; ADONAI ?. Sekte Saksi-Saksi Yehovah , tidak takut menuliskan: YAHWE- YAHUWA- YEHOVAH- HUWA. Apa kepaanjangan sebenarnya dari YHWH ?

    BalasHapus
  4. Tetragrammaton masih belum diketahui secara pasti seperti apa pengucapan aslinya. Orang Yahudi umumnya mengikuti halakha yang mewajibkan pengucapan Adonai ( אדני ) dalam konteks ibadah dan Hashem ( השם ) bila di luar tempat ibadah. Ini dilakukan untuk menghormati dan menghindari pencemaran Nama Kudus. Sy jg sdg mempelajari gerakan Mesianik Yudaisme. Yuk ikut subscribe ke salah satu dari channel ini 👇🏻

    - https://m.youtube.com/channel/UCHEgMZYyK2ZrXYLlOLe8GKA

    -https://m.youtube.com/channel/UCo9NHKFIPRYXh6-w9Ok7f4A

    - https://m.youtube.com/channel/UC9NSiQSgs9dr5yv72fs0tYw

    BalasHapus